Empati
Kelanjutan cerita Inovasi adalah kata Design thinking – solusi praktis dan kreatif yakni dengan menekankan pendekatan dari sisi user. Metode baru dalam proses desain dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown.
Sebetulnya sederhana. Jangan sok tahu, tetapi mencari tahu dari pengguna /konsumen. Maka berEmpatilah kepada konsumen. Sebetulnya apa yang dikehendaki oleh konsumen. Merasakan pengalaman, emosi dan situasi dari sisi pengguna. Empati itu berarti menempatkan diri sebagai pengguna, berada di sisi mereka. Apa yang dikatakan, apa yang kita lihat, mengamati kehidupan pengguna.
Seperti yang disampaikan pendiri “wardah” dalam webinar yang diselenggarakan oleh PIA, buat produk itu bukan menurut kita tetapi memberikan apa yang dikehendaki oleh konsumen. Caranya? turun ke lapangan, mendengarkan, mengobservasi.
Konsumen yang marah-marah, memberikan masukan atas ketidakpuasan. Konsumen yang memberikan bintang *2 tentu ada sesuatu yang tidak berkenan. Perubahan gaya hidup juga sumber informasi. Dari sini kemudian memunculkan suatu gambaran ide atau pandangan yang akan menjadi dasar dari produk yang akan dibuat. Jadi kuncinya jangan hanya di balik meja tetapi mencari tahu. Ber Empati sehingga terdapat ide inovasi yang jitu.