FOLDER : ILMU PENGETAHUAN = WEBSITE
INOVASI – NYATA dan PERLU
Ketinggalan “kereta” adalah hal yang menyedihkan. Maksudnya jangan sampai di dalam bisnis tidak mampu menangkap apa yang menjadi perubahan khususnya harapan konsumen. Kalau tidak, akan tertinggal dari “toko” sebelah dan akhirnya bisnis menjadi suram dan lesu. Belum menjadi besar sudah hilang lenyap.
Stay relevant – tetap terhubung dengan konsumen. Dengan demikian, pikiran kreatif, terbuka, melihat dari berbagi sisi perlu dilakukan. Harapan produk lebih baik, cepat, mudah, pelayanan prima, bernilai, aman, tidak melanggar regulatori merupakan sejumlah faktor yang mengemuka.
Di lain pihak, kemajuan teknologi informatika dan komunikasi menjadi cara menggapai produk menjadi lebih gampang ditambah dengan cara pembayaran yang lebih memudahkan. Konsumen yang cerdas berselancar menggunakan gawai, mudah membandingkan satu produk dengan produk lain. Konsumen terkadang sulit menjadi loyal karena tersajinya produk dengan nilai yang lebih lagi setiap saat. Pendek kata, setiap saat terdapat perubahan.
INOVASI hasil dari karya pikiran kreatif. Inovasi agribisnis, kini bahkan menyentuh dari hulu hingga hilir. Inovasi teknologi, proses, bentuk, penggunaan, manfaat, tampilan dan sebagainya. SDM di dalam perusahaan harus terus dimudakan maksudnya pikiran cemerlang diharapkan terus muncul akan membuat produk seperti apa, atau memperbaharui lagi produk yang ada; apakah dari bentuk, isi/konten, kemasan, tampilan.
Hambatan Inovasi adalah rasa puas, atau bangga. Lupa bahwa yang dihasilkan bisa cepat menjadi usang. Selanjutnya, kapasitas dan kapabilitas dari sumber daya yang ada di entitas bisnis.
Cara Menerobos kebuntuan? Lihat dan perhatikan sekeliling. BerEmpati lah kepada konsumen apa yang mereka katakan, gunakan, dan keluhkan. Berada pada sisi mereka. Pergi ke lapangan atau pasar. Hal ini merupakan fase pertama dalam Design Thinking. Ikut merasakan.
Selanjutnya …? Ikuti terus asah ilmu ini.